Selayang Pandang

Selaras dengan instruksi Presiden Republik Indonesia No. 4, tahun 1995 tentang Gerakan Nasional Memasyarakatkan dan Membudayakan Kewirausahaan serta mengingat kesamaan eksistensi sebagai Pelaku Ekonomi nasional di bidang jasa pembinaan dan pengembangan usaha dan wirausaha baru yang berdayasaing, maka kami merasa perlu untuk menyatukan diri dan berhimpun dalam satu wadah gabungan organisasi sejenis, guna meningkatkan kemampuan dan pengabdian kegiatan dalam rangka ikut serta melaksanakan pembangunan berdasarkan Demokrasi Ekonomi sesuai dengan Pancasila dan Undang-Undang dasar 1945 dan dalam rangka menghadapi era globalisasi.

Untuk itu, guna meningkatkan daya saing nasional perlu ditumbuhkembangkan wirausaha baru yang tangguh, kreatif, dan profesional. Inkubator bisnis/wirausaha merupakan wahana yang efektif untuk menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan, kemampuan, jejaring, dan wawasan berusaha sesuai dengan Perpres No 27 tahun 2013 tentang Pengembangan Inkubator Wirausaha. Sebagai pelaku ekonomi, organisasi ini turut serta mengembangkan Pembangunan Ekonomi Nasional yang sehat, menciptakan kesejahteraan rakyat untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa guna meningkatkan ketahanan nasional.

Atas rakhmat Tuhan Yang Maha Esa dan didorong oleh keinginan luhur sesama organisasi yang bergerak di bidang pembinaan dan pengembangan usaha dan wirausaha baru, usaha kecil menengah dan koperasi dengan pola inkubator bisnis dengan ini menyatakan, menyatukan diri dan berhimpun dalam satu wadah gabungan usaha sejenis yang bernama Asosiasi Inkubator Bisnis Indonesia (AIBI).